Behel Gigi

Tips Memakai Behel dengan Nyaman, Aman, dan Sehat

Pemakaian alat ortodontik cekat atau biasa disebut behel mengalami banyak peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun ini khususnya di Indonesia. Cari tips memakai behel dengan nyaman, aman, dan sehat.

Ragam usia mulai dari usia muda sampai dewasa sudah menjadipeminatnya. Selain untuk memperbaiki posisi gigi yang berjejal atau crowding, behel juga menjadi salah satu trend yang beredar di masyarakat.

Nah dengan teknologi yang semakin maju dalam dunia ortodontik menjadikan pemakaian alat ortodontik sebagai pilihan utama dalam menangani kasus maloklusi mulai dari yang ringan sampai dengan berat.

Penggunaan behel tentu harus didukung oleh kesehatan jaringan gigi dan pendukung gigi yang baik untuk mendapatkanhasil perawatan yang optimal.

Kesehatan gigi termasuk di dalamnya adalah perawatan gigi berlubang, perawatansaluranakar, danpencabutan sisa akar gigi. Kesehatan jaringan pendukung gigi diantara lain adalah kesehatan gusi dan tulang pendukung gigi.

Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut saat perawatan orthodontik dibuktikan dengan presentase antara 5% hingga 10%.

Biasanya pasien orthodontik yang tidak dapat menyelesaikan perawatannya karena kebersihan mulut yang buruk dan tidak rajin melakukan kontrol setelah pemasangan behel.

Ini Dia Tips Nyaman dan Sehat ketika Memakai Behel
Behel Juga Menjadi Salah Satu Trend Fashion

Nah, bagaimana ya FDCiers cara merawat gigi yang baik dan benar khususnya bagi pengguna behel?

  1. Menyikat gigi minimal 2-3 sehari selama 2 hingga 3 menit, akan lebih baik lagi jika dilakukan setiap habis makan.
  2. Saat menyikat gigi. Ada baiknya sikat gigi ditempatkan dalam sudut 45 derajat, dimulai dari bagian terluar gigi dengan tekanan sedang saat menyikat bracket dari atas ke bawah.
  3. Jangan lupa untuk membersihkan bagian belakang gigi dan gusi di belakang gigi.
  4. Penggunaan sikat gigi elektrik dapat memudahkan dalam meningkatan kebersihan gigi.
  5. Flossing sehari sekali sangat direkomendasikan jika dilakukan setiap malam sebelum tidur. Flossing sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gusi dan jaringan pendukung gigi saat menggunakan
  6. Lakukan flossing setidaknya setiap malam sebelum tidur dengan perlahan memasukkan benang floss dari atas ke sela-sela gigi, sampai mengenai daerah di bawah kawat dan dilakukan di setiap gigi.
  7. Kontrol ke dokter gigi untuk check-up 1 bulan sekali.

Baca Juga :

Behel Tanpa Sakit dan Paling Efektif? Damon jawabannya ! – Drg. Dean Sena

Mitos tentang Behel yang gak perlu dipercaya! Yuk simak