Behel Gigi Implan Gigi Tambal Gigi Veneer

Teknik Menyikat Gigi dengan Benar Ala Dokter Gigi

Kalau sering melihat iklan pasta gigi di televisi, pasti kalian sudah hafal betul bahwa menyikat gigi haruslah 2 kali sehari. Akan tetapi banyak dari kita yang belum tahu detail mengenai teknik dan waktu menyikat gigi secara benar.

Biasanya seseorang mengalami habit yang salah dalam menyikat gigi. Nah apabila caranya tidak benar, maka sisa makanan akan terus menempel di gigi dan mengakibatkan gusi inflamasi.

Baca Juga : Tips Memilih Pasta Gigi untuk Si Kecil – Drg. Artesya Meidiyana

So, kapan waktu menyikat gigi yang benar? Ada baiknya FDCiers simak cerita dari dokter Anugerah  berikut ini:

Banyak dari kita yang selama ini berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah saat mandi pagi dan mandi sore.Padahal hal tersebut kurang tepat. Nah idealnya dilakukan minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Kenapa yaa dipilih setelah sarapan?

Karena setelah sarapan kita biasanya beraktivitas berjam-jam lamanya, nah apabila kondisi gigi tidak dalam keadaan bersih, maka sisa makanan yang menempelakan menjadi plak dan akhirnya membuat gusi inflamasi (bengkak dankemerahan).

Sikat gigi juga wajib dilakukan sebelum tidur malam supaya tidak ada sisa makanan yang menempel dan bakteri tidak berkembangbiak, dan efek baiknya adalah saat bangun tidur kamu tidak bau mulut.

Teknik Menyikat Gigi dengan Benar Ala Dokter Gigi
Teknik Menyikat Gigi Yang Benar

Menurut literatur, ada banyak cara menyikat gigi, diantaranya adalah dengan teknik vertical, teknik horizontal, teknik roll, teknik bass, dan lain sebagainya. Diantara semua teknik tersebut, dokter Anugerah lebih merekomendasikan dengan teknik “Merah Putih”.

Seperti warna bendera Indonesia, Merah-putih, nah dalam case ini diibaratkan merah adalah gusi dan putih adalah gigi. Menyikat gigi dengan teknik merah putih dilakukan dengan cara menyikat dari arah gusi ke arah gigi, dan dilakukan dengan sikat gigi berbulu lembut (extra soft).

Tujuan dengan teknik merah putih adalah agar tidak ada sisa makanan yang masihtertinggal di gusi sehingga gusi tidak inflamasi. Ketika menyikat gigi, pastikan seluruh permukaan gigi sudah tersikat dengan bersih. Tidak penting durasi berapa lamanya, asalkan semua gigi sudah bersih dan tidak terdapat sisa makanan, maka dipastikan teknik sikat gigimu sudah oke.

Oh iya, disarankan untuk tidak menyikat gigi terlalu keras ya, supaya tidak terjadi abrasi pada gigimu. Selamat mencoba!

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC

Baca Juga: Yuk Cegah Karies Gigi dengan Fluor yang Tepat – Drg. Dinar Sencoria

Leave A Comment