Behel Gigi Implan Gigi

Percantik Gigimu Dengan Perawatan Veneer

Sebagian penduduk Indonesia bila datang ke dokter gigi, pasti banyak pertanyaan ke dokter gigi.

Bagaimana cara gigi saya agar terlihat putih seperti selebriti Indonesia? Atau bahkan sengaja datang dan ingin giginya di veneer, seperti gigi kelinci agar terlihat menarik, lebih putih dan kekinian? Lalu apakah tindakan tersebut tepat?

Ingin Percantik Gigimu Dengan Perawatan Veneer? Baca Ini Dulu!
Veneer Gigi

Veneers

Veneer adalah selapis materi sewarna dengan permukaan gigi yang ditempatkan pada permukaan labial/permukaan depan mahkota gigi dengan tujuan merestorasi atau menambahkan bahan baik komposite, akrilik, atau porselain, pada estetik gigi yang mengalami kerusakan atau pewarnaan instrinsik.

Lalu apa itu indirect veneer? Indirect veneer itu hanya macam-macam pemilihan teknik yang digunakan oleh dokter gigi, macam-macam teknik ada 2 yaitu direct dan indirect.

Direct adalah veneer yang di restorasi/ditambal/ditambahkan bahan secara langsung, biasanya bahan yang digunakan adalah komposite.

Baca juga : Inilah Yang Menyebabkan Seseorang Melakukan Veneer Gigi

Sedangkan indirect adalah? Yuk kita bahas langsung di bawah ini.

Laminate veneer porcelain adalah suatu lapisan tipis setebal kira –kira 0.5 – 0.7 mm yang menutupi permukaan permukaan terluar darigigi anterior/depan, yang merupakan type full veneers yang terbuat dari dental porcelain.

Konon menurut text book Laminate veneer porcelain yang di perkenalkan di dunia kedokteran sekitartahun 1938 (oleh pincus, 1938) yang selanjutnya dengan diperkenalkannya teknik etsa asam oleh Buonocore (1995) dan silica resin filling direct oleh Bowen (1958).

Wah sudah lama sekali yah ternyata, dan berkembang sampai dengan sekarang, lalu apa keuntungan dari indirect veneer ini?

Veneer Porcelain

Veneer Porcelain pada saat ini merupakan bahan yang memberikan hasil terbaik terutama dilihat dari daya tahan, warna, adaptasi pada gigi, kontur dari gigi, tidak larut dalam cairan mulut, tekstur permukaan yang bagus, dan apabila direkatkan pada gigi merupakan bahan yang sangat kuat.

Namun memiliki beberapa kekurangan Bahan ini yaitu antara lain tidak dapat dilakukan pemasangan sementara dan bersifat rapuh apabila belum di rekatkan atau di lem pada gigi dan juga biaya perawatan relatif lebih mahal.

Selain itu juga mereka memiliki indikasi atau yang boleh digunakan dan kontraindikasi atau yang tidak boleh digunakan. Apa saja kah itu?

  • Perubahan warna gigi
  • Hipokalsifikasi
  • Diastema
  • Gigi insisif lateral yang mengalami Peg shaped.
  • Gigi yang faktur
  • Gigi rotasi
  • Pergeseran midlinegigi

Baca juga : Apa Sih Perbedaan Veneer dan Tambal Gigi?

Nah ada baiknya anda menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC .

Leave A Comment