Behel Gigi

Penyebab Gigi Berlubang Karena Malas Menggosok Gigi?

Benarkah penyebab gigi berlubang karena malas menggosok gigi? Apakah itu disebabkan karena seseorang jarang gosok giginya? Jika kamu malas gosok gigi maka akan terjadi penumpukan sisa makanan pada gigi, ini akan mengakibatkan timbulnya plak yang merupakan awal mula munculnya karang gigi.

Jika sudah timbul yang namanya karang gigi maka akan timbul penyakit-penyakit lainnya. Kesehatan gigi adalah cerminan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi sehat pasti badanpun akan sehat, ini dikarenakan makanan yang kamu konsumsi pertama kali akan diolah didalam mulut, dan dikunyah menggunakan gigi.

Jika dari awal saja sudah bermasalah maka selanjutnya dipastikan akan bermasalah juga. Gigi yang bolong akan menyebabkan sakit pastinya, rasa sakit yang diderita disebabkan oleh rusaknya jaringan gigi. Gigi berlubang sering ditemukan pada anak-anak, ini disebabkan karena anak-anak suka mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Bukan hanya pada anak-anak saja, kasus gigi berlubang sering ditemui pada orang dewasa juga. Jarang gosok gigi, dan suka mengonsumsi makanan serta minuman yang manis adalah penyebab utama dari gigi berlubang.

Baca juga: Kamu Wajib Pakai Behel Gigi Jika Mengalami Masalah Ini

Ini Penyebab Gigi Berlubang, Karena…

1. Timbunan plak pada gigi

Plak pada gigi akan timbul karena sisa makanan yang tidak ikut terangkat saat kamu menggosok gigi. Selain gosok gigi, kamu juga bisa menggunakan benang gigi setelah menggosok gigi lalu bisa juga menggunakan obat kumur, ini dilakukan agar proses pembersihan gigi dan mulut berjalan dengan sempurna.

Kenapa plak bisa membuat gigi berlubang? Karena plak bisa memproduksi zat asam yang berakibat rusaknya email gigi. Email gigi merupakan bagian terkeras pada gigi, jika bagian ini sudah rusak maka bagian lain gigi akan mudah rusak juga karena tidak lagi ada pelindungnya.

2. Kebersihan gigi yang buruk

Penyebab-Dari-Gigi-Berlubang-yang-Patut-Diwaspadai
Gigi Yang Tak Sehat Akan Banyak Menimbulkan Banyak Masalah

Jarang gosok gigi merupakan hal utama penyebab gigi berlubang, sama seperti yang sudah disebutkan diatas. Maka dari itu kamu wajib menyikat gigi sebanyak dua kali sehari dalam sehari.

Ini berguna untuk mengangkat sisa makanan yang tidak bisa diangkat hanya dengan berkumur saja. Gigi yang tidak bersih bisa juga menyebabkan penyakit yang lain seperti bau mulut. Gak mau kan sampai bau mulut? Maka dari itu rajinlah gosok gigi mulai dari sekarang.

3. Kurang Memperhatikan Perawatan Gigi

Untuk kamu yang menggunakan kawat gigi atau behel, wajib ekstra dalam melakukan perawatan gigi. Gak cukup hanya dengan menggosok gigi setiap dua kali sehari. Kamu juga harus menggunakan benang gigi untuk menjangkau sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

4. Makanan manis

Makanan manis memang enak, namun akibat dari sering mengonsumsi makanan manis tidaklah semanis rasanya. Makanan yang mengandung banyak gula memang penyebab utama dari gigi berlubang.

Bakteri didalam mulut akan cepat berkembang dengan adanya kandungan gula pada sisa makanan yang kita konsumsi. Sisa makanan itulah yang membuat bakteri berkembang cepat dan menyebabkan gigi berlubang nantinya.

Itu tadi penyebab gigi berlubang yang patut diwaspadai. Jaga selalu kebersihan mulut dan gigi setiap hari dengan cara rutin menggosok gigi dua kali sehari. Dan jangan lupa rutin periksa gigi setiap 6 bulan sekali ya.

Nah, ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Leave A Comment