Behel Gigi Veneer

Pengertian Gigi Susu itu apa sih?

Pengertian Gigi Susu – Dalam masa sekarang ini banyak orang yang beranggapan jika gigi susu nanti akan tanggal dan digantikan dengan gigi dewasa.

Tak jarang beberapa orang membiarkan gigi susu itu berlubang dan menjadi sisa akar sehingga fungsi gigi susu pun menjadi tidak semestinya.

Sebenarnya gigi susu adalah gigi yang tumbuh pada rahang anak, dimana gigi tersebut berjumlah 20 buah. Gigi susu/sulung  merupakan gigi awal yang nanti akan berganti menjadi gigi dewasa/permanen.

Solusi yang paling ampuh adalah merawat gigi susu dengan sebaik mungkin agar gigi dewasa yang menempati tempat pergantiannya akan mempunyai ruang  cukup untuk tumbuh.

Biasanya pergantian gigi susu ke gigi dewasa ditandai dengan gigi susu yang mulai bergoyang dan akhirnya tanggal.

Inilah Pengertian Dari Gigi Susu yang Perlu Kamu Tau
Happy laughing baby girl laying on sand beach

Saat tanggal biasanya gigi susu tidak memiliki akar yang utuh dikarenakan akar itu gigi susu telah diserap oleh benih gigi permanen. Pada beberapa kasus ada gigi susu yang tidak tanggal pada waktunya.

Hal itu bisa dikarenakan letak salah benih pada gigi permanen, bisa juga dikarenakan tidak adanya benih gigi permanen pada anak tersebut.

Berikut adalah fungsi gigi susu yang perlu diketahui :

  1. Membantu fungsi bicara
  2. Membentuk wajah
  3. Alat untuk mengunyah
  4. Menyediakan ruangan bagi gigi – gigi tetap penggantinya
  5. Penunjuk jalan bagi tumbuhnya gigi tetap pengganti
  6. Memacu pertumbuhan tulang rahang
  7. Gigi sulung sebagai pembimbing pertumbuhan gigi tetap

Oleh karena itulah kebersihan gigi dan mulut harus selalu dipelihara. Begitupun dengan gigi anak, yang meskipun masih merupakan gigi susu atau gigi sulung, tetap perlu diperhatikan pertumbuhannya.

Tidak sedikit orangtua yang terkesan acuh dengan gigi anak, banyak yang belum menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi anak mereka.

Baca juga: Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Membuat Hidup Lebih Baik? – Drg. Monika Werdiningsih

Setidaknya ada 5 alasan mengapa gigi susu perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik, yaitu :

1. Pengunyahan

Salah satu fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah makanan. Jika anak-anak melakukan pengunyahan dengan baik maka nutrisi yang dicerna pun akan baik. Dengan begitu, pertumbuhan anak akan semakin maksimal.

2. Menjaga Ruang

Gigi susu memiliki peranan penting dalam menjaga ruangan untuk pertumbuhan gigi tetap. Ketika gigi susu sudah tidak ada (tercabut/habis akibat adanya kerusakan) sebelum waktunya maka ada ruang kosong diantara gigi lainnya, yang menyebabkan gigi permanen tumbuh dengan posisi miring/condong dan menyebabkan maloklusi.

3. Panduan Erupsi Gigi Permanen

Posisi dari benih gigi permanen atau gigi tetap berada di bawah gigi sulung, sehingga akar dari gigi sulung akan menuntun ketika gigi tetap mulai erupsi atau mulai tumbuh.

4. Fonetik

Kondisi gigi yang tidak rapi dapat mengganggu fungsi bicara anak. Jika gigi banyak yang hilang tentu anak akan merasa terganggu.

5. Estetik

Jika gigi anak sehat dan tertata rapi bukan hanya akan terlihat lebih indah, namun lebih jauh dapat memiliki dampak sosial.

Untuk itu ada baiknya membiasakan anak-anak menjaga kebersihan dan kesehatan giginya sedini mungkin.

Di samping juga membawa anak secara rutin mengunjungi dokter gigi untuk sekedar berkonsultasi atau melakukan perawatan gigi yang diperlukan.

Yuk segera percayakan perawatan gigi anda di klinik gigi FDC Dental Clinic

Baca Juga :

Inilah Tips Merawat Gigi Susu buat Si Kecil – Drg. Yulmia Fatihah

Yuk Ajak Anak ke Dokter Gigi Sedini Mungkin! – Drg. Azyyati Putri

Sumer Referensi :

  1. Endang, Yuniasih dan Suwelo IS. Crowding Akibat Persistensi Gigi Anterior Rahang Bawah (Laporan Kasus). Jurnal Ilmiah dan Teknologi Kedokteran Gigi 2006; Vol. 3 No.2: 23-26.
  2. Diunduh dari, https://www.scribd.com/doc/96681660/gigi-susu. Diakses tanggal 2 juni 2018
  3. Suarniti, luh putu. PENCABUTAN DINI GIGI SULUNG AKIBAT CARIES GIGI DAPAT MENYEBABKAN GIGI CROWDING.Jurnal kesehatan gigi 2014. vol. 2 no.2
  4. https://blog.medika-platform.com/5-alasan-pentingnya-merawat-gigi-susu/

Leave A Comment