Behel Gigi

Manfaat Menggunakan Retainer Setelah Lepas Behel

Manfaat menggunakan retainer – Jadi, apa sih Retainer itu? Retainer adalah alat penahan gigi yang biasanya digunakan setelah melepas kawat gigi. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari retainer tersebut?

Untuk mendapatkan susunan gigi rapi sesuai harapan dengan kawat gigi bisa membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Namun, gigi cenderung berpindah posisi walaupun telah diluruskan, terutama bila ada celah di antara gigi satu dengan gigi satunya. Gusi dan tulang rahang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi gigi yang baru dan proses ini bisa berlangsung beberapa lama.

Retainer dapat mencegah agar gigi tidak bergerak keluar dari susunan sampai tulang rahang telah menyesuaikan diri.

Retainer memiliki berbagai bentuk dan terbuat dari berbagai bahan. Jenis retainer yang paling umum adalah kawat yang dipasang pada gigi depan, juga dikenal sebagai retainer “permanen”.

Beberapa retainer dapat dilepas, namun pasien harus memakai alat ini selama waktu yang telah dianjurkan oleh dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Manfaat serta harga terupdate pasang behel

Manfaat Retainer

Manfaat Menggunakan Retainer Setelah Lepas Behel

Pertama, menahan gigi agar tetap pada posisi yang rapi. Behel merupakan alat yang digunakan manusia untuk berinvestasi dalam mendapatkan senyuman yang indah. Setelah kurang lebih minimal 2 tahun pemakaian, pasti akan tiba masanya untuk melepas behel tersebut.

Saat-saat itulah yang harus diperhatikan bagi si pemakai kawat gigi. Meskipun di akhir-akhir masa pemakaiannya kita sudah bisa mendapatkan susunan gigi yang rapi, tapi kita enggak boleh langsung berpuas diri. Karena posisi gigi itu mudah banget untuk relapse!

Retainer itulah benda yang bisa menjaga dan menahan struktur gigimu agar tetap lurus dan menampilkan senyuman yang indah dan sehat. Pemakaian pertama retainer pasti akan terasa sangat sulit, karena pada saat itulah gigi lebih rentan untuk kembali ke posisi semula.

Seiring bertambahnya usia, seseorang juga akan mengalami fenomena yang disebut, “natural physiological drift”. Fenomena inilah yang akan menyebabkan lebar senyum seseorang menjadi lebih sempit dan gigi akan berpindah. Dengan pemakaian retainer, kita bisa mencegah fenomena ini.

Kedua, bisa digunakan sebagai perawatan tambahan.

Kamu tahu bruxism? Yaitu kebiasaan menggemeretakkan gigi pada saat tidur. Selain bermanfaat sebagai perawatan setelah melepas kawat gigi, ternyata retainer bisa juga digunakan untuk mengurangi kebiasaan bruxism kamu lho!

Ada juga penyakit yang bernama TMJ (temporomandibular joints) Disorders. Penyakit ini adalah penyakit yang biasanya menyerang sendi yang melekat pada tulang tengkorak, yang biasa digunakan untuk menguap, mengunyah, berbicara, dll. Penyakit satu ini juga bisa diredakan dengan penggunaan retainer lho!

Ketiga, retainer benda kecil yang bisa membuat perubahan besar.

Biaya yang kamu keluarkan untuk pemakaian kawat gigi pastilah tidak sedikit. Belum lagi selama kurang lebih 2 tahun, kamu harus melakukan kontrol setiap bulannya. Jika dihitung pasti sudah banyak biaya yang harus rela kamu  keluarkan.

Oleh karena itu kamu juga tidak boleh sembarangan dalam melepasnya. Jika kamu melepas kawat gigi begitu saja tanpa memakai retainer, maka kamu siap-siap kecewa karena posisi gigi yang relapse. Gigi kamu juga bisa kembali berantakan. Kalau sudah seperti itu, pasti kamu jadi pengin pasang behel lagi kan?

Cara Kerja Retainer

Manfaat Menggunakan Retainer Setelah Lepas Behel

Retainer dirancang berdasarkan bentuk dan wujud gigi kamu. Retainer permanen akan dilekatkan dengan menggunakan semen khusus pada bagian belakang gigi.

Berbeda dari sebagian besar kawat gigi, retainer tidak akan terlihat dari luar, sehingga kamu tetap bisa tersenyum dengan indah.

Namun, kamu mungkin membutuhkan waktu agar bisa terbiasa menggunakan retainer. retainer biasanya tidak menyakitkan, namun kamu bisa saja menghasilkan lebih banyak ludah sampai kamu terbiasa menggunakan retainer.

Retainer lepasan terbuat dari gabungan plastik dan kawat atau plastik transparan. Retainer lepasan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

retainer lepasan biasanya harus terus dipakai selama 3-6 bulan pertama. Setelah itu, kamu hanya perlu menggunakan alat ini saat malam hari. Ortodontis kamu akan memberitahukan jadwal pemakaian.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya

Leave A Comment