Behel Gigi

Ini Penjelasan Manfaat Laser Sebagai Tambal Gigi

Fungsi laser tambal gigi – Mungkin di antara kalian juga pernah merasakan giginya di tambal  di klinik gigi kan. Nah, tapi tahukan kalian ternyata tambal gigi di klinik gigi merupakan langkah paling efektif untuk mempertahankan kesehatan gigi untuk menghindari pencabutan loh ?

Seorang Arkeolog telah menemukan sebuah gigi purba dengan bekas tambalan yang terbuat dari bahan lilin lebah. Nah temuan ini bisa menjadi bukti bahwa praktik tambal gigi sudah ada jauh di masa lalu. (kompas.com)

Zaman yang semakin berkembang, membuat dunia kedokteran juga semakin berkembang pesat. Saat ini tambal gigi di klinik gigi  telah menggunakan tambal laser.

Sinar yang digunakan untuk menambal gigi bukanlah sinar laser melainkan sinar halogen yang kini mulai ditinggalkan dan digantikan oleh sinar generasi baru yaitu sinar LED (sinar biru).

Kedua jenis sinar ini digunakan untuk mengeraskan bahan tambalan gigi. Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, yang saat ini menjadi suatu teknologi yang sangat berkembang dan bermanfaat luas, dan banyak digunakan di bidang kesehatan. (www.perawatilmiah.com)

Manfaat Laser Tambal Gigi

  1. Rasa sakit minimal atau bahkan kadang-kadang tidak terasa sakit.
  2. Dapat mensterilkan jaringan—bila memakai laser pada jaringan lunak, misalnya gusi.
  3. Hanya terjadi sedikit perdarahan—saat melakukan anestesi.
  4. Mengurangi pembengkakan dan penyembuhan lebih cepat.
  5. Pada memutihkan gigi (teeth whitening), laser memberi hasil lebih efektif dan mengurangi waktu perawatan.
  6. Perawatan lebih mahal ketimbang perawatan yang konvensional.
  7. Tidak semua perawatan gigi dapat dilakukan dengan alat dental laser, misalnya membongkar tambalan amalgam dan melepas porcelain onlay atau mahkota gigi (crown).
    (Tempo.com)

Gimana FDCiers? Ternyata banyak ya manfaat laser tambal gigi ini, laser bekerja lebih cepat dan bisa mengurangi rasa sakit pasien sehingga tidak perlu dilakukan pembiusan.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Leave A Comment