Behel Gigi Implan Gigi Veneer

Kenapa ya Gusi Bisa Hitam? – Drg. Intan Kumaladewi

Senyum mengungkapkan perasaan gembira, sukses, sensualitas, kasih sayang, dan sopan santun, dan mengungkapkan rasa percaya diri dan kebaikan.

Keserasian senyuman tidak hanya ditentukan oleh bentuk, posisi, dan warna gigi, tetapi juga oleh jaringan gingiva. Tapi gimana ya kalau gusi sedang sakit dan berwarna hitam? Pasti kurang percaya diri dong, kenapa ya gusi bisa berwarna hitam?

Gusi yang sehat selalu berwarna merah muda, namun ketika berwarna gelap pasti akan sedikit memberi kesan kurang baik. Menurut Cicek (2012), gusi hitam dapat disebabkan oleh :

Penyebab Gusi Hitam

  1. Merokok
  2. Bahan metal pada tambalan gigi
  3. Faktor sistemik
  4. Obat-obatan tertentu
  5. Peradangan pada mulut
  6. Kurang menjaga kebersihan mulut
  7. Kurangnya asupan nutrisi
  8. Minum minuman berakohol
  9. Terpapar sinar matahari
  10. Kelebihan pigmen melanin

Baca Juga : Gusi Berdarah Bisa Sembuh Sendiri? Mitos atau Fakta? – Drg. Marsha Rindu

Menghilangkan Pigmentasi Melanin

Menghilangkan pigmentasi melanin pada gusi harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai merusak gigi geligi. Apabila pengerjaannya tidak tepat dapat menyebabkan resesi, kerusakan periosteum dan tulang alveolar, penyembuhan luka yang terganggu.

Prosedur free gingival graft dapat dilakukan untuk menghilangkan pigmentasi gusi, prosedur ini memerlukan tindakan bedah yang rumit karena memerlukan donor dan penyesuaian warna yang tepat, selain itu umumnya terdapat garis atau batas gusi yang berbeda antara donor dan resipien sehingga mengganggu masalah estetik (Atsawasuwan, 2003).

Gusi yang sehat selalu berwarna merah muda, namun ketika gusi berwarna gelap pasti akan sedikit memberi kesan kurang baik. FDC Dental Clinic
Perbedaan Gusi yang Sehat dan Tidak Sehat

Baca Juga : Inilah Masalah yang Sering Terjadi pada Gusi – Drg. Intan Kumaladewi  

Perawatan

Kebutuhan perawatan kosmetik ini sudah merupakan hal yang biasa . Depigmentasi merupakan tindakan bedah plastik periodontal untuk melepaskan atau mengurangi hiperpigmentasi gingiva.

Banyak cara untuk menghilangkan hiperpigmentasi gingiva, seperti pemakaian bahan kimia, tindakan abrasi dengan menggunakan bur diamond, gingivektomi, autograft jaringan, pemakaian laser. Hasil yang diperoleh dari macam-macam cara tersebut sangat bervariasi, dan tiap cara ada keuntungan dan kerugiannya (Arthiie dkk., 2012).

Kenapa ya Gusi Bisa Hitam? - Drg. Intan Kumaladewi
Perbedaan Setelah dan Sebelum Perawatan Gusi

Depigmentasi dengan pembedahan menggunakan skalpel walaupun caranya cukup sederhana, tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan banyak peralatan, tetap memerlukan ketelitian dan pengalaman operator.

Sebab kalau kurang hati-hati bisa menyebabkan resesi dan kerusakan jaringan periosteum dan tulang di bawahnya. (Prassad dkk., 2005).

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Sumber Referensi:

  • Arthiie Thangavelu, Sugumari Elavarasu, Piranitha Jayapalan., 2012., Pink esthetics in periodontics – Gingival depigmentation: A case series., J Pharm Bioall Sci;4:186-90
  • Atsawasuwan P, Greethong K, Nimmanon V. Treatment of gingival hyperpigmentation for esthetic purposes by Nd: YAG laser: Report of 4 cases. J Periodontol. 2000;71:315–21
  • Cicek Y, Ertas U. The normal and pathological pigmentation of oral mucous membrane: A review. J Contemp Dent Pract. 2003;4:76–86
  • Prasad D, Sunil S, Mishra R, Sheshadri Treatment of gingival pigmentation: A case series. Indian J Dent Res. 2005;16:171–6

Leave A Comment