Behel Gigi Tambal Gigi

Kenapa Gigi si Kecil Penting untuk Dibersihkan?

Gigi si kecil – Meski gigi susu ini nantinya akan digantikan dengan gigi permanen, akan tetapi tetap perlu dirawat dan dijaga kesehatannya di klinik gigi ya.

Pasalnya, kesehatan dan kekuatan gigi susu akan menentukan gigi tetapnya kelak. Selain itu, lewat perawatan gigi secara rutin dan berkesinambungan , mulai bayi, batita, hingga usia selanjutnya, anak dibiasakan merawat giginya sejak dini klinik gigi.

Membersihkan Gigi si Kecil

  • Bersihkan gusi/gigi si kecil secara rutin, paling tidak dua kali sehari.
  • Untuk bayi yang belum tumbuh gigi, siapkan kain bersih, celupkan pada air hangat, lilitkan kain tersebut pada jari kita yang sudah dicuci/bersih, lalu gosokkan perlahan-lahan pada gusi si kecil. Untuk si kecil yang mulai tumbuh gigi, meski giginya masih kecil, bersihkan secara perlahan di setiap permukaan gigi serta batas antara gigi dengan gusi, lakukan (dengan cara yang sama seperti di atas) secara perlahan dan saksama. Mengapa? Karena sisa-sisa makanan sering kali menempel atau tertinggal pada bagian atau permukaan tersebut.
  • Bila gigi-geligi serta geraham si kecil mulai tumbuh, gunakan sikat gigi khusus bayi yang kecil dan permukaannya lembut. Sikatlah dengan hati-hati agar gusinya tak terluka, mengingat gusi bayi masih sangat lembut. Selalu perhatikan bagian-bagian sela gigi, permukaan gusi, belakang, juga depan, semuanya harus dibersihkan. Perhatikan pula apakah muncul gigi-geligi yang baru tumbuh.
  • Bila si kecil merasa haus di malam hari, cukup berikan ASI atau air putih (bagi bayi di atas 6 bulan). Hindari minum susu formula karena bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Sedangkan ASI dapat diberikan kapan saja, termasuk di malam hari karena ASI tidak menyebabkan kerusakan pada gigi.
  • Upayakan untuk rutin memijat gusi sehingga mengurangi rasa sakit lantaran gigi yang bakal tumbuh. Pijat gusinya dengan hati-hati menggunakan sikat gigi khusus yang bentuknya seperti sikat gigi namun ujung bulunya terbuat dari karet.
Kenapa Gigi si Kecil Penting untuk Dibersihkan?
Konsultasikan gigi anak di klinik gigi

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin websitnya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Sumber : http://www.tabloid-nakita.com/read/1116/merawat-gigi-susu

Baca Juga : Inilah Cara Memutihkan Gigi 

Bahaya Jika Karang Gigi Kamu Bolong

Leave A Comment