Behel Gigi

5 Jenis Tambal Gigi yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Tambal Gigi – Gigi kamu bolong?? malu kalau lagi ngobrol sama temen?? atau malu kalau ketemu gebetan?? baca artikel ini sampai habis kamu bakalan tau cara mengatasinya.

Tambal gigi merupakan suatu prosedur untuk menutupi gigi yang patah, berlubang maupun rusak. Gigi yang bermasalah tersebut biasanya akan menimbulkan masalah seperti sakit yang tidak tertahankan serta rasa tidak nyaman pada saat makan maupun minum.

Prosedur tambal ini juga harus memperhatikan kondisi pasien itu sendiri sehingga konsultasi dengan dokter gigi sangat diperlukan. Berikut ini jenis-jenis tambal yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan tambal gigi:

Amalgam

Merupakan salah satu jenis bahan tambalan gigi yang terbuat dari campuran perak, seng, timah, merkuri dan juga tembaga.

Namun hampir 50% bahan yang digunakan adalah merkuri dan biasanya tambalan ini digunakan untuk memperbaiki gigi geraham bagian belakang.

Dapat dikatakan sejauh ini amalgam adalah bahan tambal yang paling kuat dibandingkan dengan bahan tambal lainnya.

Resin komposit

Bahan tambal yang satu ini biasanya mengeras dengan cara disinar. Jenis tambalan ini biasa disebut juga dengan tambal sinar atau tambal laser. Bahan tambalan terbuat dari campuran partikel plastik dan kaca halus.

Proses tambal dengan bahan ini tergolong membutuhkan waktu yang sedikit lama karena dokter akan mengirim hasil cetakan kerangka gigi ke laboratorium terlebih dahulu untuk membuat isi cetakan gigi yang berlubang atau rusak.

Salah satu kelebihan tambal jenis ini adalah warna tambalan akan menyatu dengan warna gigi asli dan materialnya terbilang kuat.

Baca juga: Gigimu Hilang? Gantiin Aja Dengan Gigi Palsu!

Emas kuning

Jenis tambalan yang satu ini mungkin sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tambalan jenis ini terbuat dari paduan emas yang dicampur dengan logam.

Pada umumnya orang menyukai warna emas ini dibandungkan dengan perak bahan amalgam. Bahan emas juga tidak menimbulkan korosi pada gigi.

Logam dan porselen

Merupakan bahan umum untuk memperbaiki kerusakan pada gigi. Biasanya kedua bahan tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki semua bagian gigi seperti untuk veneer gigi, implant serta kawat gigi.

Meski demikian, harga pemasangan tambal logam jauh lebih murah daripada bahan porselen.

Glass Ionomer Cement (GIC) / semen ionomer kaca

Bahan tambal jenis ini merupakan tambalan langsung berwarna putih dan memiliki keuntungan dapat melepaskan fluoride ke dalam gigi sehingga dapat mencegah gigi berlubang kembali.

Walaupun berwarna putih, tambalan jenis ini tidak dapat menampilkan warna yang terlalu sama dengan gigi asli dan tidak tahan lama.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Leave A Comment