Behel Gigi

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memakai Behel

Sebelum memakai behel – Setiap orang ingin memiliki gigi yang indah dan rapi. Namun gigi berantakan menjadi penghambat. Oleh karena itu, banyak orang memutuskan untuk menggunakan behel. Selain untuk mempercantik gigi, juga untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memakai Behel
Selain merapikan susunan gigi, behel juga berfungsi untuk memaksimalkan penampilan seseorang. Foto: Freepik.com

Penggunaan kawat gigi atau behel tidaklah mudah. Pemasangannya juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebelum memutuskan untuk memakai kawat gigi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi.

Berikut ini beberapa pertanyaan umum seputar kawat gigi. Semoga berguna bagi kamu yang ingin memakainya!

Q: Berapa lama kawat gigi boleh dipakai?

A: Pemakaian kawat gigi tergantung kondisi giginya. Semakin berantakan gigi, maka semakin lama pemakaiannya. Biasanya memerlukan waktu setahun hingga dua tahun sampai hasilnya bisa terlihat.

Q: Mengapa mulut terasa sakit saat pertama kali menggunakan behel?

A: Hal itu merupakan hal yang normal. Rasa sakit itu karena adanya tekanan dari kawat gigi yang sedang bekerja untuk merapikan susunan gigi.

Q: Mengapa pemakaian kawat gigi menimbulkan sariawan?

A: Sariawan bisa ditimbulkan karena kawat gigi yang menggesek permukaan bibir atau mulut. Kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa konsultasi dengan dokter gigi untuk menyembuhkannya. Hal yang terpenting, kamu bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut pada saat menggunakan behel.

Q: Apa saja alat yang diperlukan pemakai behel?

A: Pemakai kawat gigi sebaiknya memiliki ortho kit. Yang mana sikat giginya didesain khusus untuk pemakai kawat gigi. Selain itu, pasta gigi dengan kandungan fluoride juga baik. Karena bisa  mencegah plak gigi.

Q: Kapankah pengguna kawat gigi harus ke dokter gigi.

A: Biasanya dokter akan memberikan jadwal untuk kunjungan rutin selama penggunaan kawat gigi. Misalnya setiap 6 sampai 8 minggu sekali. Ada juga yang sebulan sekali.

Dengan kontrol atau kunjungan rutin, membuat pemakaian kawat gigi jadi lebih efektif. Selain itu, juga bisa memperkecil kemungkinan timbulnya penyakit gigi, gusi, dan mulut.

Itulah beberapa pertanyaan seputar behel. Jadi, apa kamu sudah mantap untuk memakainya?

Jangan lupa konsultasi kesehatan gigi di FDC Dental Clinic!!! karena‚Ķ.. kamu bisa dapat konsultasi gratis! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Leave A Comment