Behel Gigi Implan Gigi

Gigi Ngilu Akibat Asam Lambung? Wah Benarkah?

Gigi Ngilu – Perlu diketahui jika kesehatan sangatlah mahal nilainya. Biasanya apabila mengalami gangguan kesehatan pada suatu jaringan tubuh, seringkali bagian tubuh yang lain ikut berpengaruh.

Salah satu yang berhubungan adalah masalah kesehatan gigi dengan kesehatan lambung.

Padahal lambung sebagai organ pencernaan terlihat tidak ada hubungannya dengan kesehatan mulut.

Ternyata keduanya cukup erat berhubungan, misalnya pada kasus gigi ngilu.

Wah ternyata akibat gigi ngilu ya? Gigi ngilu ternyata bisa diakibatkan oleh permasalahan pada lambung lho! Permasalahan gigi ngilu memang sering terjadi dan penyebabnya banyak sekali.

GERD (Gastri Esophageal Reflux Disease)

Namun kali ini kita akan membahas kemungkinan gigi ngilu yang berasal dari asam lambung.

GERD (Gastri Esophageal Reflux Disease)

Penyakit asam lambung atau yang sering disebut sebagai GERD (Gastri Esophageal Reflux Disease) merupakan sebuah kondisi gangguan pada lambung, dimana asam lambung akan naik ke esofagus atau kerongkongan.

Esofagus sendiri adalah organ yang menghubungkan lambung dengan mulut. Penyebab dari asam lambung sendiri adalah adanya gangguan pada Lower Esophageal Sphichter (LES).

LES memiliki fungsi sebagai katup otomatis yang akan membuka dan menutup pada waktu yang tepat.

Ketika katup LES tidak bisa menutup sempurna, maka asam lambung bisa naik ke atas dan kembali ke esofagus.

Hal inilah yang sering kali menyebabkan gejala rasa sakit di ulu hati dan rasa panas. Selain itu salah satu akibatnya adalah munculnya permasalahan gigi ngilu akibat asam lambung. 

Seperti namanya, asam lambung memiliki sifat yang asam. Sedangkan zat yang memiliki sifat asam juga memiliki kemampuan untuk mengikis (korosif).

Skema GERD

Hal inilah yang terjadi kepada gigi jika sering mengalami kenaikan asam lambung. Gigi memiliki lapisan email sebagai pelindung bagian gigi yang lebih dalam (dentin).

Nah di dalam dentin terdapat susunan saraf yang sensitif. Jika asam naik, maka lapisan email lama kelamaan akan menjadi terkikis.

Hal inilah yang akan menyebabkan lapisan dentin menjadi lebih terbuka. Akibatnya, akan muncul rasa ngilu seperti gigi sensitif.

Gigi yang terkikis karena asam lambung

Ciri-Ciri Asam Lambung

Lalu bagaimana kita bisa tahu kalau gigi ngilu yang kita alami berasal dari asam lambung kita yang tinggi? Tentu saja ada ciri-cirinya, yaitu:

  1. Bagian depan gigi tidak terkikis, namun bagian belakangnya terkikis. Hal ini terjadi karena asam lambung pada mulut yang mengenai gigi muncul dari arah belakang gigi
  2. Rasa ngilu yang muncul timbul pada bagian belang gigi, karena memang lebih banyak terkena paparan asam lambung dari kerongkongan

Cara mengatasi keadaan asam lambung sendiri sangat banyak, seperti menjaga pola makan, menghindari stress, menghindari minuman beralkohol dan kafein.

Untuk lebih jelasnya disarankan untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Salah satu cara untuk mengurangi gigi ngilu yang timbul karena asam lambung, kebersihan gigi harus dijaga dengan rutin menyikat gigi, mengurangi asupan makanan asam dan manis, dan juga rutin memeriksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Baca Juga : Menarik, Veneer Ini Bisa Mengubah Senyuman

Baca Juga: Mau Pakai Gigi Palsu? Snap-On Smile Bisa Jadi Pilihanmu! – Drg. Farida

Daftar Pustaka

  1. Ali DA, Brown RS, Rodriguez LO, et al: Dental erosion caused by silent gastroesophageal reflux disease. J Am Dent Assoc 2002;133:734-737
  2. Bartlett DW, Evans DF, Anggiansah A, et al: The role of the esophagus in dental erosion. Oral Surg Oral Med Oral Pathol Oral Radiol Endod 2000;89:312-315
  3. Gregory-Head BL, Curtis DA, Kim L, et al: Evaluation of dental erosion in patients with gastroesophageal reflux disease. J Prosthet Dent 2000;83:675-680

Leave A Comment