Behel Gigi

9 Cara Merawat Behel Gigi yang Harus Kamu Perhatikan

Kondisi gigi yang biasa memakai kawat gigi atau yang sering disebut behel gigi adalah yang tidak rata atau tidak rapi. Lalu bagaimana cara merawat behel gigi ya?

Behel gigi merupakan alat yang digunakan untuk perawatan gigi yang memiliki kondisi kurang rapi. Memakai behel gigi memerlukan perawatan yang lebih dari pada tidak memakai behel gigi.

Behel gigi akan dirangkai sesuai dengan gigi kamu yang akan meratakan serta merapikan kondisi gigi. Bagian behel terdiri dari banyak sekali bagian yang itu semua akan dipasang di gigi kamu.

Bagian-Bagian Behel Gigi

9 Cara Merawat Behel Gigi yang Harus Kamu Perhatikan

Behel gigi terdiri dari beberapa bagian, untuk kamu yang belum paham bagian bagiannya yuk simak dibawah ini.

  • Bracket, bagian ini akan menempel pada gigi kamu. Bahan ini terbuat dari metal/stainless steel, porcelain, komposit, dan kombinasi.
  • Buccal tube,bagian ini menempel pada gigi geraham besar. Ukurannya menyesuaikan dengan gigi kamu.
  • Archwire/kawat gigi, merupakan kawat tipis yang dipasang pada slot bracket sampai buccal tube. Terdiri dari beberapa jenis mulai dari kecil sampai besar, pemasangannya akan berangsur angsur selama pemakaian.
  • O-ring, merupakan karet untuk menahan yang dipasang pada slot bracket. Karet ini ada yang warna-warni dan ada juga yang transparan.
  • Power chain/Elastomeric chain, karet untuk penarikan gigi atau penutupan ruang. Dipasang pada sekeliling bracket.
  • Open coil/closed coil spring, open coil kawat yang melingkar diletakkan mengelilingi kawat gigi. Closed coil kawat yang melingkar dikaitkan antara hook bracket.
  • Elastic inter-ach,karet yang dikaitkan antara bracket gigi bawah dan bracket gigi atas bertujuan untuk memperbaiki posisi gigi kamu.

Itulah bagian-bagian dari behel gigi, lalu bagaimana cara merawat behel tersebut agar gigi tetap sehat? Merawat behel gigi itu susah susah gampang, kalau kamu sudah terbiasa merawatnya pasti kamu akan merasa senang melakukannya.

Serta ingat kamu juga harus ikut aturan dari dokter agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara Merawat Behel Gigi

9 Cara Merawat Behel Gigi yang Harus Kamu Perhatikan

1.Rajinlah Menggosok Gigi

Menggosok gigi sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, tetapi kasusnya beda dengan yang memakai behel. Untuk pertama kali saat menggunakan behel gigi pasti akan mengalami sakit yang tak tertahannkan.

Ini merupakan hal yang wajar untuk pertama kali pemasangan behel. Pasti kamu akan sakit jika menggerakan mulut, makanpun terasa tak enak.

2. Gunakan Sikat Gigi Khusus Behel

Gunakanlah sikat gigi yang khusus untuk membersihkan bagian sela sela behel kamu. Ini bertujuan agar tak ada lagi sisa makanan yang tertinggal. Sikat gigi khusus ini bisa menjangkau bagian yang tak dapat dijangakau sikat gigi biasa.

3. Pakailah Benang Gigi

Ini sangat berguna untuk kamu yang memakai behel gigi dan suka beraktifitas diluar rumah. Untuk kamu yang suka beraktifitas diluar rumah dan tidak memungkinkan untuk sikat gigi, bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang ada disela-sela gigi.

Tapi ingat sikat gigi itu juga penting untuk menjaga kesehatan gigi. Sebisa mungkin menyikat gigi selama dua hari sekali.

4. Hindari Makanan yang Keras

Makanan yang keras nantinya akan bisa menyebabkan bracket kamu berubah posisi dan yang lebih fatal lagi ialah bisa menyebabkan bracket lepas atau patah. Sebaiknya konsumsi makanan yang lebih lembut lagi selama masa pemakaian behel.

5. Hindari Makanan yang Kadar Gulanya Tinggi

Makanan yang mengandung gula tinggi bisa menyebabkan gigi kamu bolong. Pemasangan behel bertujuan untuk merapikan gigi, kalau ada gigi yang bolong percuma saja melakukan pemasangan behel.

6. Gunakan Obat Kumur

Berkumur menggunakan air biasa kurang efektif untuk membasmi kuman-kuman yang ada dimulut, sebaiknya kamu gunakan obat kumur yang dianjurkan dokter pastinya. Gunakan obat kumur setelah menggunakan sikat gigi agar kebersihan gigi dan mulut lebih maksimal lagi.

Baca juga: Cara merawat gigi untuk mencegah gigi berlubang

7. Hindari Makanan Lengket

Selain harus menghindari makanan yang bertekstur keras dan banyak mengandung gula, kamu juga harus menghindari makanan yang lengket contohnya dodol dan semacamnya. Makanan lengket akan meninggalkan bekas yang lebih sulit dibersihkan karena akan menempel ke sela-sela behel ini akan menimbulkan tumbuhkannya kuman-kuman.

8. Rutin Periksa Ke Dokter Gigi

Hal ini sangat penting karena pemasangan behel banyak tahapannya dan karet behel ada masa pakainya serta harus diganti secara rutin. Oleh sebab itu kamu harus rutin ke dokter gigi untuk melakukan perawatan rutin supaya tetap terjaga kondisi gigi yang sehat, dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Konsultasi

Selama masa pemakaian behel kamu akan sering mengunjungi dokter gigi, disinilah kamu bisa konsultasikan apa saja masalah yang dialami selama pemakaian behel tersebut.

Atau untuk kamu yang masih bingung bagaimana merawat behel, atau kamu belum yakin dengan cara perawatan behel yang kamu jalani selama ini kamu wajib menanyakannya ke dokter gigi kamu.

Itulah tadi cara merawat behel gigi serta bagian bagiannya, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan memang perlu sedikit pengorbanan. Untuk kamu yang memiliki masalah gigi tidak rata bisa menggunakan jenis perawatan ini agar mendapatkan hasil maksimal pastinya.

Nah ada baiknya anda menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi anda paling tidak 6 bulan sekali.

Untuk kamu yang ingin memasang behel tapi masih bingung dimana tempat yang pas, dan terbukti hasilnya. Kamu bisa ke FDC Dental Clinic. Kepoin IG nya untuk bertanya lebih lanjut klik disini.

Leave A Comment