Behel Gigi Veneer

Cara Mengobati Gusi Bengkak Tanpa ke Dokter Gigi

Cari cara mengobati gusi bengkak karena takut datang ke dokter gigi? Pastinya kita akan merasa risih kalau gusi sedang mengalami bengkak. Gusi bengkak bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, yang paling umum adalah gingivitis, atau bisa juga infeksi akibat jamur atau virus.

Gusi yang bengkak ini akan mengganggu aktivitas makan dan dapat menyebarkan infeksi ke gigi. Berikut ini beberapa cara dengan perawatan alternatif di rumah tanpa harus ke dokter gigi.

7 Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Garam

Garam dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi gigi yang paling ampuh. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi.

Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Caranya dengan peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Jeruk nipis


Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

4. Bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

5. Bawang putih

Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptik alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe tersebut untuk berkumur.

7. Air kelapa

Air kelapa juga ternyata berguna sebagai antiseptik alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

Gusi yang bengkak bisa menjadi awal dari munculnya penyakit mulut lainnya. Oleh karena itu obati gusi bengkak sebelum memburuk. Nah ada baiknya kalian menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Leave A Comment