Behel Gigi Veneer

Bolehkah Memasang Behel Pada Gigi Tiruan?

Behel merupakan kebutuhan bagi beberapa orang yang memiliki gigi dengan kondisi berantakan atau maloklusi. Bolehkah memasang behel pada gigi tiruan? Seperti yang telah diketahui banyak orang, pemasangannya tidak sembarangan dan harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi.

Selain itu, ada juga beberapa kasus permasalahan yang dialami orang yang akan melakukan pemasangan behel. Bukan permasalahan karena harganya yang mahal, tapi karena kondisi gigi mereka yang terlanjur sudah memakai gigi tiruan—seperti implant, bridge, ataupun crown.

behel pada gigi tiruan
Dokter gigi yang lebih memahami kondisi gigi serta tindakan apa yang tepat untuk gigimu.

Sebenarnya… boleh enggak sih memasang behel pada gigi tiruan?

Dikutip dari jawaban Drg. R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati pada tribunnews.com, pemasangan kawat gigi pada gigi yang sudah dipasang gigi tiruan bisa dilakukan. Namun dengan catatan, gigi tiruan tersebut tidak ikut dirawat atapun digeser. Selain itu keberadaan gigi tiruan tersebut juga sudah pada posisi atau lengkung gigi yang benar dan ideal.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu merasa bingung. Karena ada solusi yang tepat untuk menghadapi kasus permasalahan seperti ini. Dokter menyarankan, sebaiknya melakukan perawatan behel hanya pada gigi yang tidak dipasang gigi tiruan dan membebaskan gigi tiruan tersebut.

Solusi kedua, yaitu dengan melakukan perawatan behel terlebih dahulu, baru kemudian melakukan pemasangan gigi tiruan. Namun, langkah yang paling baik yaitu dengan mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter gigimu. Karena dokter gigi yang lebih memahami kondisi gigi serta tindakan apa yang tepat untuk gigimu.

Tapi… ada pengecualian juga lho, FDCiers! Gigi tiruan disini hanya berlaku pada gigi tiruan permanen, bukan gigi tiruan lepas pasang seperti gigi palsu yang terbuat dari akrilik. Jika kamu memakai gigi palsu lepas pasang, maka kamu harus menggantinya terlebih dahulu dengan gigi tiruan permanen, seperti implant, bridge ataupun crown.

Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena….. konsultasinya gratis lho! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Baca Juga : Mengenal Macam-Macam Jenis Gigi Palsu Lepasan

Baca Juga : 5 Artis Indonesia Yang Memilih Menggunakan Behel

Referensi :

http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/11/18/bisakah-memasang-behel-jika-ada-gigi-palsu-implan-dan-bridge

Leave A Comment