Behel Gigi

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Cabut Gigi di Dokter Gigi?

Cabut gigi di dokter gigi harus dilakukan karena beberapa hal. Misalnya saja karena gigi yang rusak atau keropos. Hal itu juga bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali Ibu Hamil. Namun, apakah ibu hamil boleh cabut gigi?

Seberapa amankah dilakukan pada ibu hamil?

Pada umumnya, sebelum cabut gigi kita akan dibius. Keamanan penggunaan obat bius bagi ibu hamil masih diperdebatkan. Kabarnya ada obat bius yang bisa masuk ke dalam plasenta lewat aliran darah ibu. Dan dicurigai bisa menganggu perkembangan janin.

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Cabut Gigi di Dokter Gigi?
Sebaiknya ibu hamil melakukan cabut gigi pada trimester kedua. Foto:Freepik.com

Tapi, ternyata ibu hamil enggak perlu takut. Karena cabut gigi saat hamil masih tergolong aman. Sebuah jurnal dari American Dental Association tahun 2015 melaporkan bahwa, penggunaan obat bius jenis lidocaine masih tergolong aman. Tidak menimbulkan risiko keguguran, cacat lahir, atau kelahiran prematur.

Meskipun begitu, ada hal yang harus digaris bawahi! Kamu harus mengatakan perihal kehamilanmu pada dokter gigi. Agar dokter lebih berhati-hati. Serta memberi obat bius yang aman pada ibu hamil.

Selain itu, jika kamu masih merasakan sakit yang tak dapat ditahan. Sebaiknya minta tambahan obat bius pada dokter gigi. Kamu juga harus merasa nyaman saat cabut gigi. Agar tidak stress dan mempengaruhi janin.

Namun, untuk menghindari risiko terhadap janin. Ada juga dokter gigi yang hanya memberikan obat pereda nyeri saja. Tentu saja obat itu harus lazim dikonsumsi ibu hamil.

Hal yang terpenting adalah, ibu hamil harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi ataupun dokter kandungan. Agar tidak ada tindakan yang bisa mempengaruhi kondisi janinnya.

Kapan sebaiknya ibu hamil melakukan cabut gigi?

Sebaiknya ibu hamil melakukan cabut gigi pada trimester kedua. Ini adalah waktu yang paling aman, karena pada saat ini janin sudah berkembang dengan cukup baik.

Jika dilakukan pada trimester kedua, janin masih dalam tahapan untuk tumbuh kembang. Dikhawatirkan obat yang masuk pada saat dibius, mempengaruhi perkembangan janin.

Sementara pada trimester ketiga, boleh dan bisa saja dilakukan. Namun mengingat kandungan yang sudah membesar. Kemungkinan ibu hamil akan merasa pegal jika harus duduk berlama-lama di kursi periksa dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Leave A Comment