Behel Gigi

Apakah Bahan Titanium untuk Implan Gigi Aman Digunakan?

Bahan titanium untuk implan – Implan gigi merupakan cara untuk mengganti gigi yang hilang. Sehingga fungsi pengunyahan dapat digunakan kembali. Sekarang kamu bisa melakukan pemasangan implan di berbagai klinik gigi ┬ádi Indonesia.

Apakah Bahan Titanium untuk Implan Gigi Aman Digunakan?
Ilustrasi Implan Gigi. Foto:Freepik

Sebenarnya implan termasuk ke dalam gigi palsu permanen. Namun, implan lebih baik dari gigi palsu lepas-pasang. Implan gigi sangat mirip dengan gigi asli.

Hal itu karena implan tertanam di dalam jaringan gigi. Sebelum memasang implan, lakukanlah konsultasi terlebih dahulu di klinik gigi.

Salah satu jenis logam yang paling sering digunakan untuk bahan implan adalah titanium. Implan titanium dapat dipergunakan dalam bentuk titanium murni atau campuran.

Bahan Titanium untuk Implan Gigi

Titanium memiliki sifat-sifat yang sangat baik. Ia bersifat biokompatibel. Artinya saat dimasukkan ke dalam tulang, ia akan diterima dengan baik oleh tubuh. Sehingga dapat melaksanakan fungsinya untuk menyangga gigi.

Biokompatibel juga dapat diartikan, bahan tersebut tidak menyebabkan kerusakan jaringan. Sifat biokompatibel ini sangat penting untuk bahan implan. Agar implan dapat bertahan lebih lama.

Selain bersifat biokompatibel, titanium juga punya kemampuan lain. Ia mampu melekat pada tulang dengan baik (osseointegration).

Meskipun titanium aman digunakan, kamu tetap harus konsultasi dulu di klinik gigi sebelum pemasangannya!

Ternyata bukan hanya titanium. Stainless steel juga pernah digunakan sebagai bahan implan. Namun penggunaannya merupakan kontra indikasi bagi pasien yang alergi terhadap nikel.

Selain titanium, implan juga ada yang terbuat dari keramik, polimer dan komposit, dan juga karbon.

Dari beberapa jenis bahan implan di atas, logam titanium tetap juaranya. Karena ia memiliki sifat yang merupakan syarat untuk implan gigi, yaitu:

  1. Biokompatibel
  2. Cukup kuat untuk menahan beban pengunyahan
  3. Resistensi tinggi terhadap termal dan korosi
  4. Elastisitasnya sama atau hampir sama dengan jaringan sekitar
  5. Dapat dibuat dalam berbagai bentuk

Ikuti saran dari dokter gigi kamu, jika ingin kondisi gigi yang tetap sehat.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Leave A Comment