Behel Gigi

Hati-Hati Makanan dan Minuman Asam Membuat Gigi Berlubang

Anda salah satu penyuka makanan dan minuman asam? Nah, berarti anda harus mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman asam tersebut.

Perlu anda sadari bahwa makanan dan minuman asam secara berlebihan dapat memicu gigi sensitif, gigi ngilu atau bahkan gigi berlubang.

Hati-Hati Makanan dan Minuman Asam Membuat Gigi Berlubang
Minuman Berasa Asam

Frekuensi paparan asam yang tinggi pada rongga mulut menyebabkan mineral-mineral di dalam gigi lebih cepat hilang, dan mengawali terbentuknya gigi berlubang.

Beberapa contoh paparan asam antara lain mengonsumsi minuman bersoda, minuman energi, jus buah, air perasan lemon, pempek dan kuahnya.

Baca juga : Bolehkah Memasang Behel Pada Gigi Tiruan?

Penjelasan singkatnya adalah, pH rongga mulut akan turun drastis ke tingkat terendah dan akan bertahan dalam waktu yang lama. Kondisi mulut yang sangat asam memungkinkan terjadinya pelepasan mineral-mineral dari dalam gigi dan secara klinis mulai terbentuk lubang.

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2009, disimpulkan bahwa pasien yang mengonsumsi minuman bersoda dan jus buah dengan volume total 1.5 L per hari selama 6 tahun mengakibatkan gigi berlubang hampir di seluruh bagian leher giginya.

Penelitian lain pada tahun 2006 menyebutkan bahwa minuman berkarbonasi dan jus buah menyebabkan gigi kehilangan mineralnya sampai 50 persen pada menit pertama.

Pencegahan Gigi Berlubang

Hati-Hati Makanan dan Minuman Asam Membuat Gigi Berlubang
Sikat Gigi

Pencegahan gigi berlubang dapat dilakukan dengan mengurangi frekuensi konsumsi asam, terutama pada kuah pempek dan air perasan lemon.

Anda harus membiasakan setelah mengonsumsi asam, tunggu sekitar 40 menit, lalu lakukan penyikatan gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluor. Perbanyak konsumsi air mineral hingga 2L per hari juga dapat menjaga pH rongga mulut tetap normal.

Bila anda sudah terlanjur mengalami gigi berlubang, sebaiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung ke dokter gigi, sehingga anda akan mendapatkan perawatan non invasif maupun invasif yang tepat.

Selain itu, makanan asam juga dapat membuat gigi menjadi sensitive. Namun, tidak banyak orang yang tahu mengenai hal ini.

Makanan dan minuman dengan kadar asam tinggi seperti minuman soda, buah-buahan yang mengandung citrus, wine, cuka dan yoghurt dapat menyebabkan erosi email gigi.

Gigi Sensitif

Hati-Hati Makanan dan Minuman Asam Membuat Gigi Berlubang

Gigi Sensitif

Gigi sensitif biasanya terjadi karena email gigi yang usang atau akar gigi yang terbuka, tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain, seperti gigi berlubang, penimbunan tartar, hancurnya gingiva, adanya tambalan baru ataupun pemutihan gigi dan juga tindakan lainnya

Untuk mencegahnya, hindari menggosok gigi langsung setelah mengonsumsi makanan asam. Jika ingin gosok gigi, tunggu hingga minimal 30-60 menit setelah makan.

Karena menggosok gigi setelah makan makanan asam gigi bisa semakin mengikis email dentin yang nantinya membuat gigi menjadi abrasi.

Baca Juga : Macam-macam Penyebab Gigi Patah dan Cara Mengatasinya – FDC Dental Clinic

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC .

Leave A Comment