Behel Gigi

5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang

Kesehatan gigi bagi setiap orang pasti berbeda-beda ada yang menganggap hanya dengan sikat gigi membuat gigi bersih ada juga yang perlu perawatan gigi ke dokter gigi secara teratur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebenarnya menyikat gigi dengan teratur sudah bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut saja, tetapi ada baiknya kalau dibarengi dengan perawatan atau periksa rutin ke dokter gigi. Berikut adalah langkah merawat gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Menyikat Gigi

5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang

Menyikat Gigi´╗┐

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, tetapi ada anggapan lain bahwa perlu menyikat gigi setelah selesai makan. Hal ini dilakukan agar sisa makanan yang menempel disela-sela gigi langsung bisa teratasi.

Sisa makanan yang menempel pada gigi juga menjadi penyebab utama gigi berlubang. Kalau memang kondisi tidak memungkinkan untuk menggosok gigi kamu bisa mengatasinya dengan berkumur-kumur saja.

Dengan benang gigi juga merupakan cara yang benar untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi.

Berkumur Dengan Cairan Pembersih Mulut

5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang

Cairan Pembersih Mulut

Seperti yang sudah disebutkan diatas, berkumur juga bisa mengatasi sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Ada baiknya kamu berkumur menggunakan cairan khusus untuk pembersih mulut.

Berkumur dengan menggunakan cairan pembersih mulut sangat efektif untuk menghilangkan plak pada gigi. Plak yang membandel sangat berpengaruh besar menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Plak juga bisa mempengaruhi kesehatan gigi kamu loh.

Pasta Gigi Mengandung Fluoride

5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang

Pasta Gigi

Fluoride sendiri berperan untuk melindungi gigi kamu dari bahaya senyawa asam. Senyawa asam sangat berpengaruh pada lapisan enamel gigi yaitu lapisan terluar dari gigi. Senyawa asam sangat bahaya menyebabkan kerusakan pada gigi kamu.

Maka dari itu pasta gigi yang mengandung fluoride sangatlah penting untuk menjaga kesehatan gigi kamu. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride juga tidak baik untuk kesehatan terutama untuk yang masih usia muda, harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi.

Hindari Makanan Ini

5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang

Hindari Makanan Ini

Makanan juga berperan dalam menyebabkan gigi berlubang ada baiknya kamu menghindari makanan yang terlalu manis. Seperti permen dan coklat makanan ini memang sangat enak tetapi sangat berpengaruh pada kesehatan gigi kamu.

Baca juga: Ketahui ini sebelum pasang behel

Pilihlah makanan yang sehat dan pastinya membuat gigi kamu tetap sehat. Makanan yang baik untuk kesehatan gigi seperti sayuran, susu, buah, dan lainlain. Makanan yang seperti itu tidak hanya menyehatkan gigi kamu tapi juga menyehatkan badan kamu.

Rajin Ke Dokter Gigi

5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang

Rajin Ke Dokter Gigi´╗┐

Rajin ke dokter gigi disini maksudnya adalah rutin memeriksakan kesehatan gigi kamu. Sekurang-kurangnya 6 bulan sekali kamu wajib perawatan gigi kamu. Ini merupakan jenis perawatan yang sangat penting karena dokter gigilah yang paham tentang kondisi gigi Anda.

Dengan kamu periksa gigi ke dokter gigi maka akan terdeteksi penyakit ataupun masalah apa yang sedang terjadi pada gigi kamu. Dokter pasti akan memberi tau perawatan apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk membuat gigi kamu tetap cantik dan sehat.

Itulah 5 Langkah Perawatan Gigi Untuk Menghindari Gigi Berlubang yang perlu kamu ketahui agar gigi kamu tetap sehat. Tentunya terhindar dari masalah serius yang berpengaruh pada kesehatan kamu. Sekian Terima Kasih.

Leave A Comment